Jumat, 26 April 2013

Cara Perawatan Gigi Sensitif Dengan Benar




Cara Perawatan Gigi Sensitif Dengan Benar 
 
Jutaan manusia banyak yang sudah tahun bahwa gigi sensitif merupakan mimpi buruk bagi kita semua . Jika sakit gigi datang dengan rasa sakit dan rasa ketidaknyamanan ketika makan atau minum makanan favorit Anda dan menyakitkan. Meskipun Anda mungkin menderita gigi sensitif, Anda dapat yakin bahwa mereka dapat diobati.


Biasanya, kondisi sebab sakit gigi ini setelah minum cairan panas dan dingin, makan makanan panas atau dingin, atau menghirup udara dingin. Jika rasa sakit gigi masih tetap membebani anda, Anda harus segera menemui dokter gigi Anda, karena syaraf gigi Anda bisa terkena. Biasanya, gigi sensitif dimulai ketika gusi mulai menarik diri dari gigi. Dengan gusi menjadi selimut pelindung, mereka menutupi dan melindungi akar gigi itu. Ketika gusi surut dan menarik diri, akar tidak memiliki perlindungan, dan karena itu mereka akan terkena.

Ujung akar terkena mengandung tubulus kecil yang mengarah langsung ke syaraf gigi. Setiap kali tekanan, elemen panas, atau dingin perjalanan ke tubulus, akan memicu saraf dan menyebabkan nyeri. Mereka yang tidak memiliki gigi sensitif akan memiliki gusi mereka meliputi tubulus, yang mencegah jenis hal-hal terjadi.

Idenya di sini adalah untuk menghentikan sensitivitas gigi dan menjaga kesehatan gusi. Jika Anda mengurangi tekanan yang Anda gunakan ketika menyikat gigi, Anda akan menemukan bahwa gusi Anda akan tetap sehat. Ketika diajarkan untuk menyikat gigi, kebanyakan orang diperintahkan untuk menggunakan banyak kekuatan. Meskipun hal ini bisa mendapatkan gigi bersih, juga akan robek pada gusi, yang dapat menyebabkan gigi sensitif. Jika Anda memiliki gigi sensitif sekarang, Anda harus mencoba menggunakan sikat gigi elektrik seperti Sonicare maju.

Dalam perawatan gigi yang sensitif apa yang akan anda lakukan :

Kurangilah makanan dan minuman sebagai pemicu . 
Jika Anda hobi minum teh atau kopi manis, kurangi gula di minuman Anda. Kurangi mengunyah permen di muulut anda di sepanjang waktu, Anda. Untuk sementara, kurangi makan buah-buahan seperti jeruk, nenas, tomat dan sirsak yang asam, ganti dengan buah-buahan yang agak asam dan tidak begitu manis atau agak kecut.

Dapatkan pelindung gigi. 
Jika anda waktu terbangun sering merasakan sakit kepala atau sakit rahang, Anda mungkin memiliki kebiasaan menggeretukkan gigi waktu  tidur (bruxism). Kebiasaan ini membuat gigi-gigi cepat keropos  dan menyebabkan sensitivitas gigi. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan pelindung mulut yang dapat melindungi gigi-gigi Anda saat tidur.

Pastikan mengkonsumsi cukup kalsium. 
Makanlah makanan yang kaya kalsium seperti susu, yoghurt, dan keju. Kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi Anda.
Jika Anda sudah melakukan perawatan gigi dengan baik, namun Anda masih terus meringis kesakitan bila meminum minuman panas dan ding atau memakan es batu, konsultasikan dengan para ahlinya. Dokter gigi Anda dapat menilai dan meneliti  kondisi Anda dan membantu menentukan cara terbaik untuk mengurangi sensitivitas gigi Anda.

Pakailah pasta gigi ber-fluoride. 

Walaupun sekarang ini banyak pasta gigi diperkaya dengan flouride, Anda perlu memastikannya. Karena fluoride pada pasta gigi anda secara berskala dapat membantu melapis lagi email Anda (remineralisasi) dan memperkuat permukaan gigi yang telah didemineralisasi oleh asam bakteri. Pergunakan juga obat kumur yang mengandung fluoride juga merupakan pilihan yang tepat untuk gigi sensitif anda.

Pergunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. 
Ganti pasta gigi Anda yang untuk mengendalikan plak dan memutihkan gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi khusus ini memiliki zat aktif seperti kalium nitrat, sitrat atau oksalat yang membantu menghambat sensasi dari permukaan gigi ke saraf, sehingga mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan gigi sensitif. Sikatlah gigi Anda dua kali sehari dan jangan menyikat gigi selama satu jam setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam.

Pakailah  sikat gigi dengan benar. 
Menyikat dengan benar sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Menyikat terlalu keras dapat membuat gigi lebih sensitif. Pilihlah sikat gigi berbulu lembut dan terus menyikat pada sudut 45 derajat terhadap garis gusi Anda dengan sapuan-sapuan pendek dan lembut, terutama pada tempat pertemuan gigi dan gusi.

Cara Perawatan Gigi Sensitif Dengan Benar