Senin, 22 April 2013

Hal Yang Terpenting Untuk Kolesterol





Hal Yang Terpenting Untuk Kolesterol


Kolesterol adalah lemak yang ada di dalam darah yang produksinya dihasilkan oleh tubuh lewat makanan yang kita makan. Kolesterol dibentuk di dalam hati dan diangkut oleh lipoprotein melalui pembuluh darah ke sel tubuh. Lipoprotein diproduksi oleh protein di dalam hati yang dibedakan berdasarkan berat jenisnya. Pertama yaitu high density lipoprotein (HDL) dan yang kedua adalah low density lipoprotein (DL). Kedua protein tersebut berfungsi sebagai alat angkut kolesterol.
  
Kegunaan Kolesterol
Memang kolesterol itu adalah penyakit, benar, tapi itu kalau kadarnya sudah tinggi. Sebenarnya kolesterol bermanfaat bagi tubuh kita. Kegunaan dari kolesterol adalah:
  1. Berperan penting dalam pembentukan hormon seks (esterogen dan testosteron).
  2. Meminyaki kulit tubuh.
  3. Membentuk kortex adrenal yaitu untuk keseimbangan garam dalam tubuh.
  4. Membentuk vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.
  5. Membentuk garam empedu yang mambantu usus dalam menyerap lemak.

Kolesterol jika dianggap sebagai sesuatu yang jahat bagi tubuh. Kolesterol dianggap buruk lantaran berbahaya bagi kesehatan jantung.

Berikut ini ada 5 fakta penting tentang kokesterol yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari Times of India, Senin (22/4/2013):

1. Beberapa Gejala Kolesterol Tinggi Terlihat oleh Mata

Umumnya, Anda bisa tahu tentang kolesterol tinggi melalui dokter. Tapi ada tanda kolesterol tinggi yang tampak oleh mata. Misalnya munculnya banyak benjolan kemerahan di tubuh yang dikenal sebagai xanthomas. Benjolan kemerahan ini disebabkan oleh kolesterol tinggi.

2. Anak-anak Juga Dapat Memiliki Penyakit Kolesterol

Karena obesitas atau riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, anak-anak juga dapat memiliki kolesterol tinggi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan medis sedini mungkin dan menjaga pola makan anak.

3. Olahraga Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik

Olahraga sehari-hari sangat bermanfaat bagi kesehatan, tak terkecuali jika Anda ingin mengontrol kolesterol. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kepadatan kolesterol baik secara alami.

4. Kolesterol Rendah Juga Bisa Berdampak Buruk

Kolesterol tinggi memang tidak baik untuk kesehatan, namun kolesterol yang sangat rendah juga tidak baik. Memiliki tingkat kolesterol yang stabil sangat penting, karena jika tingkat kolesterol turun di bawah 160 mg/dL maka dapat meningkatkan peluang terjadinya jenis kanker tertentu dan depresi.

5. Kolesterol Meningkat Setelah Menopause

Sebelum menopause, estrogen membantu menjaga tingkat kolesterol. Tapi setelah siklus menstruasi seorang wanita berakhir, tingkat estrogen menurun sehingga membuat kenaikan tajam kolesterol jahat. Akibat tingkat kolesterol yang meningkat, berarti juga meningkatkan risiko masalah jantung pada banyak wanita


Hal Yang Terpenting Untuk Kolesterol.

Tidak ada komentar: