Kamis, 04 April 2013

10 Cara mendidik anak agar anak menjadi patuh kepada kedua orang tuanya



10 Cara mendidik anak agar anak menjadi patuh kepada kedua orang tuanya

Dalam mendidik anak memang tidak mudah, tidak semudah membalikkan tangan, memang, karena semua itu membutuhkan kerja keras, ketelatenan dan kesabaran, karena karakter anak itu berbeda-berbeda ada yang penurut, ada yang nakal mengabaikan perintah-perintah sehingga melawan orang tuanya sampai-sampai orang tua berbuat kasar pada anaknya sendiri, seperti memukul, membentak dengan keras herannya lagi anaknya tetap melawan. Mengapa demikian, semua orang tua masih tanda tanya.

Disini saya memberikan sebuah tips-tips  cara untuk melatih dan membuat anak supaya menjadi lebih patuh:

1.   Selalu mendoakan

      Hendaknya orang tuanya selalu mendoakan anaknya minimal di fatihahi agar anaknya menjadi anak yang shaleh atau menjadi anak yang penurut.

2.. Suri tauladan
Sebaiknya kita sebagai orang tua memberikan tauladan dulu kepada anak kita yaitu hendaknya melakukan contoh yang baik dulu sebelum kita menyuruh anak kita untuk melakukan yang baik, karena dengan sendirinya anak kita akan meniru kita untuk melakukan yang baik tanpa kita menyuruhnya. Ini merupakan suatu yang efektif tanpa kita memarahinya, anak sudah memahaminya.    



3.   Bersikap lembut
Pada umumnya semua anak tidak merespon apa yang kita omongkan atau sampaikan  jika kita menghadapinya dengan bentakan dan memarahinya. Tegas bukan berarti harus bersikap keras, Anda bisa menghadapi dan melakukannya dengan lebih lembut. Coba untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan orang tua.


4.   Konsisten
Dalam memberikan peraturan kepada anaknya agar terlatih supaya patuh kepada orang tua, orang tua konsisten untuk menentukan peraturan tanpa ada celah karena anak selalu mencari celah untuk bisa melanggar aturan yang dibuat orangtuanya . Bila hari ini Anda melarangnya bermain di jalanan, maka minggu depan peraturan ini harus tetap dijalankan,.



5.   Menjelaskan maksud dan tujuannya
Orang tua harus menjelaskan kepada mereka maksud dan tujuan baik untuk menetapkan aturan pada mereka, sehingga mereka mengerti kenapa mereka harus mematuhi peraturan yang Anda buat.



6.   Puji mereka
Jika anak sudah melakukan yang baik dan benar berilah pujian kepada mereka, kadang-kadang berilah anak kita sebuah hadiah atau ucapan yang baik “ kamu hebat, kamu bisa melakukannya.





7.   Menegur dengan halus.

      Saat menemukan anak melakukan kesalahan berilah teguran dengan halus. Bila masih melakukan kesalahan serupa, beri peringatan berupa sanksi. Misalnya; tidak boleh menonton kartun kesukaannya selama sekian hari sebelum anak dapat berubah. Beri pengertian bahwa sanksi ini semata-mata untuk kebaikan dirinya juga.



8.   Mendengarkan penjelasan anak.

      Jika anak melakukan kesalahan, tanya dia dan dengan dengarkan penjelasannya mengapa dia melakukan hal demikian



9.  Jangan Gengsi untuk minta maaf

      Apabila orang tua telanjur memarahinya  secara berlebihan, jangan merasa malu dan gengsi untuk meminta maaf kepada anak. Katakan kepada mereka bahwa kita marah karena sayang. Lebih-lebih beri pelukan dan ciuman hingga anak merasa nyaman kembali bersama kita. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengajarkan kepada anak bagaimana cara memaafkan dengan sayang dan santun.



10 Berikan  kepercayaan kepada mereka

      Kepercayaan dapat memperbaiki perilakunya. Selain itu dapat pula mendorong anak untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Anak pun bisa belajar menghargai diri sendiri dan merasa dirinya berharga.



      Semoga anak-anak kita menjadi anak yang penurut, tidak membantah dengan apa yang jelaskan. semoga bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya, bermanfaat bagi para pembaca blog ini pada umumnya, ammiiinnnnn .... apabila ada kesalahan tulislah komentarnya disini



10 Cara mendidik anak agar anak menjadi patuh kepada kedua orang tuanya 

4 komentar:

Bundalita mengatakan...

wah terima kasih mas sudah memberikan informasi seputar anak, saya jadi lebih mengerti sekarang

Mardiansyah mengatakan...

artikel yg sangat membantu, memberi pencerahana bagaimana kita bersikap, terima kasih

cafe mengatakan...

seneng ketemu artikel spt ini. kedua anak mulai beranjak remaja dan mulai memberontak. semoga tips ini bs membantu sy menghandle mereka

Bunda Husna mengatakan...

terima kasih infonya. sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh orangtua saat ini