Minggu, 21 April 2013

Cara Berdiet Tanpa Merasa Tersiksa dan Cepat

 
Cara Berdiet Tanpa Merasa Tersiksa dan Cepat

 













Semua orang ingin memiliki tubuh yang langsing, baik cowok dan cewek karena akan membuat pede pada seseorang tersebut. Akan tetapi cara mereka berbeda-beda dalam melakukan dietnya. Ada yang tidak makan sehari semalam, ada yang minum pil khusus diet, olahraga sampai berjam-jam agar lemak yang ada dalam tubuh mencair. Apakah cara-cara tersebut anda tidak merasakan tersiksa ?.
Maka dari itu dalam artikel kesehatan ini blog mengutarakan bagaimana cara diet dengan aman dan praktis. Apa saja yang harus dilakukan jika kita diet tanpa merasa tersiksa. Berikut ini adalah cara yang anda lakukan : 

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyaklah minum air putih karena dapat mengurangi rasa lapar. Sebelum anda tergoda untuk mengemil maka hendaknya anda minum minum air putih dulu, karena dapat merasa kenyang. Jika merasa kenyang maka akan mengurangi porsi makan anda, selain itu minum air putih dapat mencairkan lemak pada tubuh anda.

Berolahragalah Secukupnya

Lakukan secara rutin olahraga mungkin 1 hari 2 menit, seperti jogging, pemanasan. Janganlah melakukan olahraga melebihi kapasitas daya tahan tubuh anda   

Hobi Berkebun
Para peneliti  menemukan, mereka yang hobi berkebun juga memiliki BMI yang lebih rendah daripada saudara kandungnya yang berjenis kelamin sama. Rata-rata BMI wanita dengan hobi berkebun 1,88 poin lebih rendah daripada saudara perempuannya, dan pria dengan hobi berkebun 1,33 poin lebih rendah daripada saudara laki-lakinya.

Menariknya, manfaat ini juga berlaku bagi pasangan wanita atau pria yang memiliki hobi berkebun. Para peneliti mencatat, pasangan cenderung untuk membantu kegiatan berkebun dan mendapat makanan yang lebih sehat hasil berkebun.

"Temuan ini mendukung ide bahwa hobi berkebun merupakan aset untuk memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat," ujar Zick. Kendati demikian, studi ini belum dapat menunjukkan hubungan sebab-akibat. 


Makanan Yang Mengandung Serat

Dalam porsi makan anda berilah sayuran, karena sayuran akan kaya serat, Andaikan anda makan di Food Court makanan yang cepat saji maka sediakan di sebelah piring anda dengan satu porsi makanan yang mengandung serat seperti misalnya salad, gado-gado atau yang lain yang penting sayuran yang mengandung kaya serat dengan begitu anda akan merasa kenyang dan tidak menambah porsi makanan lagi.     

Posisikan Makanan Sehat Anda

Posisikan makanan sehat anda yang banyak mengandung kaya serat seperti misal buah-buahan dan sayuran-sayuran terletak pada yang terlihat oleh mata dan anda dapat menjangkaunya seperti misal makanan anda kulkas, letakkan makanan yang mengandung kaya serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran di dalam kulkas paling depan yang terlihat oleh mata dan terjangkau, sedangkan makanan yang banyak mengandung kalori dan lemak seperti keju, coklat, lemak serta minuman soda letakkan di belakangnya atau di bawah yang terpenting tidak terlihat oleh mata dan tidak terjangkau. 

Santailah dan Nikmatilah Makanan Anda

Dalam memakan makanan hendaknya makanlah dengan santai dan menikmatinya serta sambil duduk, seperti anjuran Nabi Muhammad Saw bahwa bila makan kunyahlah makanan anda sampai 32 kali  dan sambil duduk. Makanan akan menjadi lembut dan langsung tersaring serta tidak langsung jatuh ke bawah dan membentur dinding perut, dan tidak menjadikan perut anda menjadi buncit.
Jika anda melakukan hal demikian, maka akan memberikan cukup banyak waktu agar tubuh dapat memberi sinyal kenyang pada otak sehingga porsi makanan yang dimakan lebih sedikit.
Hindarilah makan sambil mengobrol atau menonton televisi serta main-main yang tidak berguna yaitu tidak fokus pada makanannya. Kebiasaan seperti ini akan membuat Anda tidak menyadarinya makan dalam porsi lebih banyak dan membuat perut anda semakin buncit .

Buatlah Catatan khusus untuk Makanan

Catatlah makanan apa saja yang telah Anda santap akan dapat membantu Anda dalam lebih berhati-hati untuk setiap makanan yang akan disantap lagi. Ini juga akan membantu agar tidak kecolongan dengan makanan yang tinggi kalori yang masuk dalam tubuh.
Catatan hendaknya dibuat secara tepat, akurat dan lengkap. Catat semua yang Anda santap termasuk dalam porsi yang kecil seperti 2 keping biskuit juga semua topping dari makanan yang disantap. Misalnya, saat makan roti, catat topping apa yang dipakai. Catat juga seberapa banyak porsi yang Anda makan. Dengan adanya catatan, dapat dianalisa apa yang kira-kira telah membuat berat badan Anda bertambah.
Janganlah terlalu berharap untuk program diet anda berhasil dengan turun badan dalam waktu singkat. Anda harus bersikap realistis dalam program diet, butuh kesabaran dan ketelatenan. Yang terpenting program diet di atas tidak akan membuat anda tersiksa, jika anda mencobanya tips-tips di atas. Selamat mencoba.



Cara Berdiet Tanpa Merasa Tersiksa dan Cepat

Tidak ada komentar: