Rabu, 17 April 2013

Penyebab Rusaknya Tulang



Penyebab Rusaknya Tulang

Makanan Dan Minuman Dapat Menyebabkan Rusaknya TulangBanyak sekali orang-orang sudah merasa seperti melakukan hal yang terbaik untuk memperkuat tulang mereka karena rajin minum susu dengan berbagai merk susu yang sering muncul di iklan TV. Memang, susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Tetapi selain kalsium kita juga perlu vitamin D supaya penyerapan kalsium lebih optimal.
Demi tulang yang sehat kita juga wajib menjaga pola makan yang seimbang, ini berarti termasuk menghindari beberapa jenis asupan makanan dan minuman tertentu.
Jika Anda mempunyai riwayat riwayat osteoporosis dalam keluarga, sebaiknya Anda perlu mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini:

1. Kebanyakan protein
Dalam jumlah yang tepat, protein sangat penting untuk tulang yang sehat dan kuat. Wanita memerlukan sekitar 46 gram protein setiap hari, sedangkan pria sekitar 56 gram. Meski agak jarang ada orang yang kelebihan protein, tetapi jika berlebihan protein akan mengganggu keseimbangan keasaman di tubuh. Lingkungan yang terlalu asam menyebabkan tulang mudah keropos.



2. Kafein
Kebiasaan mengasup minuman berkafein bisa mengganggu penyerapan kalsium. Makin banyak Anda minum kafein, makin banyak kalsium yang terbuang di urin. Meski begitu efeknya termasuk kecil, terutama jika pola makan Anda termasuk tinggi kalsium.

3. Kelebihan alkohol
Konsumsi alkohol dalam skala moderat, sekitar satu gelas perhari untuk wanita dan dua gelas untuk pria, memang memberikan efek perlindungan bagi tulang. Tetapi tak ada alasan untuk mulai kebiasaan minum alkohol. Lagi pula kebanyakan alkohol justru menyebabkan kekuatan tulang berkurang.


4. Soda
Selain mengandung kafein, minuman bersoda juga bisa menyebabkan rusaknya tulang. Menurut para ahli kelebihan fosforus, agen perasa asam fosforik di soda, akan menganggu penyerapan kalsium.

5. Garam
Makin banyak garam yang masuk ke dalam tubuh, makin banyak pula kalsium yang terbuang melalui urin dan keringat.


Boleh-boleh saja Anda mengkonsumsi semuanya tapi ingat janganlah berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan Anda. Semoga Anda sehat-sehat aja. Amin

Penyebab Rusaknya Tulang

Tidak ada komentar: