Minggu, 09 Juni 2013

Pengertian dan Peranan Guru Dalam Pendidikan


Pengertian dan Peranan Guru Dalam Pendidikan

Pengertian dan Peranan Guru Dalam PendidikanDalam Agama Islam Orang tua itu ada 3 yaitu : 1. Orang tua yang melahirkan kita ( ayah dan ibu) 2. Orang tua yang memberikan, menelurkan ilmu kita menjadi mengerti (Guru), 3. Orang yang menjodohkan kita (mertua).



Dalam Blog Cangkru’an mencoba untuk menjelaskan yang dinamakan orang tua yang membimbing kita menjadi mengerti yaitu Guru, Asal usul kata Guru (dari Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Arti secara menyeluruh Guru adalah seorang yang menyampaikan dan menelorkan ilmunya, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai serta mengevaluasi peserta didik.



Apa peranan guru dalam pendidikan



Peranan Guru sangat penting dalam dunia pendidikan karena tugas dan peranannya sebagai penunjang utama dalam mendidik anak bangsa dari yang tidak mengetahui apa-apa menjadi mengetahui apa-apa, menuntun peseerta didik menuju kebahagiaan yang hakiki, karena dengan ilmu pengetahuan baik agama maupun ilmu teknologi peserta didik bisa memajukan dan mewujudkan kejayaan negaranya dan menata negaranya dengan ketaqwaan lebih-lebih di Indonesia   


Disini ada beberapa peranan guru penting dalam pendidikan, antara lain :

1. Guru Sebagai Inisiator, guru harus mempunyai ide-ide cemerlang untuk kemajuan pendidikan dan pengajaran malah bukan mengikuti kegiatan terus tanpa menelorkan ide-ide cemerlang



2. Guru Sebagai Inspirator, guru harus dapat memberikan pengertian dan ilham dalam kemajuan pendidikan dan peserta didiknya agar meningkat, dan memberikan pengertian dan ilham kepada peserta didiknya bagaimana cara belajar yang baik


3. Guru Sebagai Motivator, guru hendaknya menjadi pendorong peserta didik agar bergairah dan aktif belajar dalam meningkatkan pendidikan dan pengajaran. Peran ini sangat penting dalam interaksi edukatif yang positif dan terarah.


4. Guru Sebagai Fasilitator, guru sebaiknya memberikan dan menyediakan fasilitas untuk memudahkan kegiatan belajar kepada peserta didik agar semangat dalam kegiatan belajarnya


5. Guru Sebagai Informator, guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, selain bahan pelajaran untuk setiap mata pelajaran yang telah diprogramkan yang terdapat dalam kurikulum.


6. Guru Sebagai Pembimbing, guru dapat membimbing peserta didik agar bisa mewujudkan kemandirian dan kematangan baik pikiran dan perilaku sampai dewasa kelak.


7. Guru Sebagai Mediator, guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pendidikan baik jenis dan bentuknya, baik media material maupun nonmaterial.


8. Guru Sebagai Evaluator, guru dituntut untuk menjadi seorang evaluator yang baik dan jujur, dengan memberikan penilaian yang menyangkut intrinsik maupun ekstrinsik. Guru tidak hanya menilai produk, tetapi juga menilai proses.



9. Guru Sebagai Korektor, guru harus dapat membedakan nilai yang baik dan man nilai yang buruk.Semua nilai yang baik harus guru pertahankan dan nilai yang buruk harus disingkirkan dari watak dan jiwa anak didik.

Pengertian dan Peranan Guru Dalam Pendidikan

Tidak ada komentar: