Rabu, 19 Juni 2013

AWAL MULA PERKEMAHAN WIRAKARYA MAARIF NU



AWAL MULA PERKEMAHAN WIRAKARYA MAARIF NU  


Pramuka (Kepanduan) dan perkemahan bukan hal baru bagi Lembaga Pendidikan Maarif NU khususnya dan Nahdlatul Ulama pada umumnya, karena NU  mempunyai kepedulian yang sangat kuat dengan kepramukaan dan kepanduan. Pada masa-masa awal, Pramuka atau kepanduan adalah alat pemersatu dan alat perjuangan bagi bangsa Indonesia.

Dari sejarah berbagai kepanduan yang ada di Indonesia, Nahdlatul Ulama sudah ikut berkiprah di dalamnya yang diwakili Ansor pada tahun 1922 - 1928. Kepanduan merupakan pendidikan karakter paling efektif yang sudah dilakukan oleh lembaga di naungan Nahdlatul Ulama sejak dahulu kala. Kepanduan mampu menumbuhkan semangat perjuangan bagi kalangan Nahdliyyin, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, menumbuhkan kemandirian dan ketangguhan dalam menghadapi segala tantangan.

Di berbagai daerah sudah banyak tokoh-tokoh maupun pendidik dari kalangan Nahdlatul Ulama yang sudah puluhan tahun mengabdikan dirinya pada kepanduan dan pramuka ini, mulai dari pramuka siaga, penggalang dan penegak serta pandega.

Oleh karenanya sangat patut dan seharusnya LP Maarif NU menghidupkan kembali semangat kepanduan dan kepramukaan dengan semangat kekinian agar generasi muda Nahdlatul Ulama tetap mempunyai karakter yang kuat dan tangguh serta mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia seutuhnya.

Dalam hal ini, PP LP Maarif NU patut untuk diacungi dua jempol, karena mempunyai komitmen yang kuat untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu, dengan akan menyelenggarakan Perkemahan Wirakarya yang disebut “ PERWIMANAS 2013” Perkemahan Wirakarya Maarif Nasional I, yang insya Allah akan diselenggaran di Jombang pada tanggal 24 – 29 Juni 2013,

Perwimanas merupakan kegiatan bakti nyata kepada masyarakat oleh pramuka penegak dan pandega di lingkungan Lembaga Pendidikan Maarif NU. Dengan menyelenggarakan Perwimanas I ini, mari kita tunjukkan bahwa generasi Nahdlatul Ulama penerus perjuangan pendahulu kita masih eksis dan siap untuk melanjutkannya.

PW LP Ma’arif NU Jatim dan PC LP Maarif NU Jombang siap untuk menjadi penyelenggara dan pelaksana Perwimanas I sebagaimana instruksi PP LP Maarif NU dalam rapat gabungan yang diselenggarakan di Kantor PW Nahdlatul Ulama Jawa Timur Jl. Masjid Al Akbar Surabaya tanggal 26 Maret 2013.

Rancangan kegiatan dalam perwimanas kegiatan bakti fisik yang akan dilakukan dalam Perwimanas antara lain :

a.   Fisik

1)   Pembangunan Saluran irigasi

2)   Pembangunan MCK

3)   Plesterisasi

4)   Penanaman Saji Sapo (Satu Jiwa Satu Pohon)



b.   Non fisik

1)   Aswaja  Camp

2)   Science Olimpiade

3)   Sosialisasi HIV/AIDS

4)   Kesehatan reproduksi remaja

5)   Cerdas cermat Aswaja

6)   Lokakarya UU Pramuka dan kepemudaan

7)   Jurnalistik

8)   ICT dan etika dunia maya

9)   Leadership

10) Pameran produk unggulan daerah

11) Wisata Religi wali 5

12) Training dan ekspose entrepreneurship

13) Halaqoh pendidikan kurikulum 2013

14) Silaturahmi pondok  pesantren

15) Brigade Penolong

16) Survival

17) PBB/Parade berbaris



Mudah-mudahan Perwimanas I Tahun 2013 yang akan datang bisa berjalan lancar tanpa suatu halangan, Amin. Al Fatihah 1 x



Staf Admin PW LP Maarif Jatim

AWAL MULA PERKEMAHAN WIRAKARYA MAARIF NU  

Tidak ada komentar: