Selasa, 11 Juni 2013

Cara agar cadangan minyak dan gas negara kita tidak habis


Cara agar cadangan minyak bumi dan gas alam negara kita tidak habis  

Rakyat Indonesia akan kehabisan minyak dalam waktu singkat yaitu belasan tahun jika tidak ada cadangan baru melalui pengeboran sumur baru. Saat ini cadangan minyak Indonesia tinggal 3,6 miliar barel.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Pengendalian Perencanaan SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak) Aussie B. Gautama dalam keterangannya yang dikutip, Selasa (11/6/2013).

"Saat ini cadangan minyak Indonesia hanya tinggal sekitar 3,6 miliar barel dan diperkirakan akan habis dalam waktu beberapa belas tahun dengan asumsi tingkat produksi saat ini, tidak ada penurunan produksi ke depan serta tidak ditemukan cadangan minyak baru," kata Aussie.

Sementara waktu jika ingin mendapatkan dan menemukan cadangan minyak dan gas baru, maka diperlukan modal biaya yang besar dan perlu keberanian yang besar untuk mengambil risiko dalam mengambil minyak dan gas dalam dasar laut yang paling dalam.

Aussie menyatakan, pemerintah harus berhati-hati menjaga iklim investasi di sektor hulu migas dalam negeri. Mengingat untuk mendapatkan cadangan migas baru dibutuhkan perusahaan yang punya modal besar dan keberanian mengambil risiko.

"Jika tidak ada KKKS Kontraktor Kontrak Kerja Sama asing (yang memiliki modal besar dan berani mengambil risiko, maka cukup sulit mendapatkan tambahan cadangan minyak dan gas bumi Indonesia untuk keberlangsungan produksi di masa depan," ujarnya. KKKS ini merupakan pihak yang memiliki Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah RI ( SKK Migas), merupakan Badan Usaha Tetap atau Perusahaan Pemegang Hak Pengelolaan dalam suatu Blok atau Wilayah Kerja yang memiliki hak untuk melakukan kegiatan eksplorasi, eksploitasi minyak dan gas bumi di Indonesia.

Jika dalam kerjasamanya mulai sejak 2009 hingga 2013 yaitu terdapat 12 perusahaan  akan menuai kegagalan dalam eksplorasi laut dalam maka akan mengalami kerugian yang besar  yaitu US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 19 triliun. Dan juga perusahaan asing banyak yang berniat hengkang dari Indonesia, dan mengembalikan wilayah kerjanya kepada pemerintah Indonesia.

Terus bagaimana langkah dalam mengatisipasi hal demikian, dan apa yang kita lakukan terhadap hal demikian?

1. Pergunakanlah pemakaian sepeda motor dan mobil seperlunya
2. Naiklah angkot atau kendaraan umum agar terhindar dari    borosnya BBM
3. Pergunakanlah kompor gas anda seperlunya
4. Janganlah menimbun minyak bumi dan gas, karena akan merugikan pihak-pihak lain 
5. Janganlah merusak alam dan sekitar karena disitu banyak sekali terdapat kandungan minyak dan gas 

Marilah kita melakukan hal-hal demikian, karena dapat membantu Negara kita yaitu Negara Indonesia agar cadangan yang ada masih terpenuhi . 

Cara agar cadangan minyak dan gas negara kita tidak habis  

2 komentar:

Ganti Oli mengatakan...

Kalau tidak dipakai pasti tidak akan habis gan. Hehe...

Unknown mengatakan...

Kalo enggak diambil enggak bakal habis