Sabtu, 30 Maret 2013

Tips-tips masa kehamilan Seorang Ibu



Tips-tips masa kehamilan Seorang Ibu

Kehamilan merupakan sesuatu yang di idam-idamkan semua wanita lebih-lebih seorang ibu menjalaninya dengan perasaan lega dan senang. Menjaga bayi dalam rahim untuk tumbuh sehat dan lahir hidup merupakan tugas berat yang akan dilakukan oleh semua wanita hamil . Masa kehamilan akan menentukan pertumbuhan dan kesehatan anak.

Berikut kami berikan tips-tips sehat selama kehamilan.

a. Kunjungi bidan / dokter secara teratur
Selama kehamilan, ibu dapat mengunjungi dokter-dokter secara teratur melalui puskesmas, poliklinik dan rumah sakit terdekat sampai kelahiran seorang anak. Dalam masa kehamilan,  pemeriksaan secara teratur itu perlu dan penting agar ibu dan dokter dalam pemeriksaannya mengetahui dan mengerti perkembangan dan kesehatan janin dalam rahimnya secara seksama Demikian juga, jika ada sesuatu yang salah pada kehamilan harus segera diperiksa oleh dokter. Lakukan ini sampai bulan terakhir kehamilan.

b. Penting Makan Makanan Bergizi dan Halal
Mulailah makan makanan bergizi dan halal, penting bagi wanita hamil dan pertumbuhan janin. Dalam pertumbuhan janin diperlukan makanan yang banyak mengandung protein, vitamin, karbohidrat, dan unsur-unsur yang lain secara seimbang.
Makanan yang kaya akan protein banyak terdapat pada daging ayam, sapi, ikan, makanan laut, buah alpukat, telur dan susu. Protein sangat dibutuhkan untuk membangun jaringan baru, memelihara sel tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi serta mensuplai kebutuhan energi.
Gizi yang dibutuhkan terus meingkat pada masa kehamilan membutuhkan peningkatan 20-30% kalori guna memproduksi energi untuk kegiatan sehari-hari.
Seyogyanya ibu-ibu yang hamil banyak mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan, kacang-kacangan, telur dan susu, terutama susu formula khusus untuk ibu hamil secara rutin dan secukupnya.
Makanan yang mengandung protein serta DHA dan ARA lebih dibutuhkan guna pertumbuhan awal dan dasar yang kuat bagi janin serta Sang ayah berusaha mencari rizki yang halal agar janin yang ada dalam perut ibu menjadi anak yang sehat jasmani dan rohaninya.

c. Kebutuhan Nutrisi harus tercukupi
Ketika suami istri memutuskan untuk menjalankan program kehamilan, sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi asam folat hingga masa setelah melahirkan. Suplemen ini penting untuk mencegah cacat kandungan. Menurut para peneliti, hendaknya asam folat hanya 30% yang benar-benar mengkonsumsinya agar tidak berlebihan dan membuat anak yang dikandungnya tidak mengalami cacat  .
Untuk mencegah risiko tersebut, lakukan konsultasi dengan dokter mengenai dosisi tepat asam folat dan berapa lama Anda harus mengonsumsinya. Jangan lupa membaca label nutrisi pada setiap produk makanan dan vitamin yang Anda beli harus disesuaikan dengan ketahanan dan kekebalan tubuh si ibu hamil.

Multivitamin khusus pra melahirkan juga penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral (kalsium dan zat besi) pada tubuh ibu hamil maupun sang bayi. Apapun jenis suplemen yang Anda pilih, pastikan mengandung DHA dan asam folat, karena penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi DHA dan asam folat pada catur wulan ketiga hingga pasca kelahiran bahkan dapat meningkatkan kecerdasan otak janin.
Meski kebutuhannya meningkat saat hamil, asupan folat dan asam folat sebaiknya tidak melebihi 1000 mikrogram per hari. 
Asupan asam folat berlebih bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada anak kelak, di antaranya meningkatkan risiko anak mengidap asma sebesar 30%.
Menurut Mark Lawrence, associate professor dari Deakin University, Australia, idealnya Anda hanya membutuhkan asupan folat dan asam folat 600 mikrogram selama hamil. Jika mengonsumsi folat dalam bentuk alami di sayuran dan biji-bijian, kecil kemungkinan Anda akan mengonsumsinya berlebihan, mengingat sifatnya yang larut air.
d. Berolahraga secara teratur
Si ibu hamil tetap melakukan latihan. Lakukan berolahraga ringan sesuai kekuatan dan kekebalan si ibu hamil dan janin yang dikandungnya karena olahraga terlalu  berat maka akan berisiko pada janinnya, apalagi tanpa berkonsultasi dengan dokter. Beberapa olahraga berikut mungkin bisa dicoba.
a.   Pilates atau yoga . Olahraga dengan pola pernafasan dan peregangan yang santai ini cukup aman untuk ibu hamil.
b.   Jogging ringan dan jalan santai
c.   Senam hamil atau aquanatal (senam ini mirip dengan aquarobik tetapi dirancang secara khusus untuk ibu hamil)
d.   Olahraga secara rutin di rumah masing-masing misalnya : menyapu dan mengepel lantai rumah dengan menungging atau jongkok
Pada saat latihan pastikan suhu tubuh Anda tidak terlalu panas, karena jika badan Anda panas si bayi juga panas. Olahraga pada trimester pertama dapat menurunkan risiko kelahiran prematur. Menjaga otot kaki dan punggung bawah tetap fit dapat mencegah sakit punggung setalah kehamilan.

e. Istirahat / tidur yang cukup
Tidurlah secukupnya selama kehamilan. Saat hamil bekerja lebih keras untuk menyokong kehidupan baru, yang menyebabkan si ibu hamil dan jabang banyinya  merasa lebih lelah dibanding biasanya. Dan semakin besar kandungan, ibu hamil akan semakin kesulitan untuk menemukan posisi yang nyaman untuk tidur.
Tidur menyamping dengan lutut menekuk bisa menjadi posisi tidur yang paling nyaman saat hamil. Posisi tidur seperti ini juga memperingan kerja jantung anda karena berat janin tidak menekan pembuluh darah besar yang membawa dari darah dari dan ke jantung dan kaki anda. Tidur menyamping juga dapat mencegah atau mengurangi pelebaran pembuluh darah, konstipasi, sembelit, dan kaki bengkak.
Macam-macam tidur bagi ibu hamil :

Tidur Dengan Posisi Tengkurap

  Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tapi biasanya pasca kehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan   menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Dan pada saat di mana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman   karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Tidur Dengan Posisi Miring 

Sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke  plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior ) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. yang juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.
  Tidur posisi ke kanan juga baik. Anda dapat mengganti posisi ke kanan dan ke kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman.
  Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman letakan bantal diantara dengkul anda dan satu di punggung anda. Atau anda dapat membeli khusus bantal ibu hamil

f. Asap Rokok harus dihindari

Rokok dan asap tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Hindari asap rokok, cobalah untuk tidak menjadi perokok aktif dan perokok pasif. Jika suami ibu hamil adalah seorang perokok, berilah peringatan agar tidak merokok di dekat si ibu hamil. Dan jika Anda juga seorang perokok, berhenti merokok yang lebih baik. Asap rokok akan membuat bayi si ibu hamil lahir dengan berat badan kurang, mudah sakit, pertumbuhan lambat, bahkan bisa menyebabkan keguguran dan kematian dalam kandungan serta kecacatan setelah si jabang bayi lahir.

g. Minum Air yang memadai
Minum air yang cukup merupakan hal yang penting untuk diperhatikan bagi wanita hamil. Minum banyak air sangat berguna bagi ibu hamil, karena cairan yang masuk akan membantu meningkatkan volume darah yang terjadi selama kehamilan. Minum setidaknya 6-8 gelas sehari, dapat jus buah, susu, atau air. dan konsumsilah air degan ijo agar si jabang bayi menjadi bersih kulit dan tidak berbau air ketubannya setelah melahirkan.

 Demikian tips-tips bagi seorang ibu yang hamil semoga bermanfaat .....


 Tips-tips masa kehamilan Seorang Ibu




































Tidak ada komentar: