Minggu, 31 Maret 2013

Cara Merawat Rambut yang Berjilbab secara sederhana dan tidak Mahal



10 Cara Merawat Rambut yang Berjilbab 
secara sederhana dan tidak Mahal
 10 Cara Merawat Rambut yang Berjilbab  secara sederhana dan tidak Mahal Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita, lebih-lebih seorang muslimah rambut itu harus dijaga dari pandangan seorang laki-laki yang bukan muhrimnya yaitu harus dilindungi dengan memakai jilbab, dengan memakai jilbab seorang wanita akan kelihatan cantik dan mempesona karena dibarengi dengan cahaya ilahi. Sekarang ini banyak sekali macam-macam jilbab yang telah ngetrend dipakai oleh seorang wanita muslimah, tapi yang ditakutkan adalah bagaimana cara merawat rambut jika memakai jilbab, pada blog ini menyarankan pada si wanita jangan takutlah kamu untuk berjilbab, maka dari itu kami memberikan tips-tips perawatan rambut yaitu :  
1. Gunakan samphoo yang sesuai dengan rambutnya 

Gunakan sampo sesuai dengan jenis rambut. Atau setidaknya pilihlah sampo lembut yang dapat digunakan setiap hari. Pastikan rambut sudah kering sebelum menggunakan kerudung. Penggunaan kerudung saat rambut basah bisa membuat kepala pusing. Jika anda tergesa-gesa karena memburu waktu untuk bekerja Gunakan hair dryer sampai kering rambutnya..
Gunakan shampoo khusus rambut berminyak atau shampoo dengan formula yang ampuh menangkal kerontokan. Umumnya, shampoo ini dibuat dengan bahan mint yang menyegarkan kulit kepala atau ginseng yang dapat menguatkan akar rambut. Cuci rambut secara teratur 2-3 hari sekali.

2. Hindari mengikat rambut terlalu kencang
Bagi yang berambut panjang, ikatlah rambutnya agar tidak kelihatan rambutnya tapi hindari mengikat rambut terlalu kencang saat menggunakan jilbab membuat rambut tertarik dan akan menyebabkan kerontokan. Rambut yang dikepang atau dicepol akan lebih baik karena ikatannya lebih longgar namun mengunci rambut dengan lebih rapi.

3. Memilih kerudung  
Dalam perawatan kesehatan rambut, pilihlah kerudung berbahan kain katun atau kain kaus yang memiliki pori-pori yang baik sebagai sirkulasi udara bagi rambut. Pergantian kerudung hendaknya dilakukan setiap hari. Pelapis bagian dalam kerudung hindarilah memakai  warna gelap atau sejenisnya seperti hitam, biru tua  karena menyerap panas sehingga membuat wilayah kepala dan rambut menjadi lebih panas dan akan membuat gatal-gatal di sekitar rambut kepala. Pilihlah warna terang atau putih. Sekarang ini sudah ngetrend dengan mengkreasi jilbab  agar kelihatan lebih cantik disusun berlapis-lapis. Kerudung sebaiknya tidak lebih dari 4 lapis. Semakin tebal kerudung membuat rambut semakin sulit bernapas dan terasa tercekik di leher.

4. Pakailah Hair Tonic  
Untuk membantu menguatkan akar rambut, manfaatkan serum antirontok atau hair tonic. Hair tonic dapat digunakan setiap habis keramas, sedangkan serum anti rontok cukup dua minggu sekali agar akar rambut tetap kuat tidak gampang rontok.

5. Rambut hendaknya pendek  
Untuk memudahkan dalam penataan rambut berjilbab / berkerudung, pilih potongan rambut praktis. Hindari rambut terlalu panjang atau potongan berponi. Poni hanya akan membuat repot yang bersangkutan karena harus terus membereskan rambut-rambut poni yang keluar dari kerudung. Sementara rambut yang terlalu panjang akan membuat kepala menjadi terasa lebih panas akibat kurangnya sirkulasi. Sebaiknya panjang rambut tidak melebihi 60 cm. Ikatlah rambut, namun jangan terlalu ketat dan dapat mendapat udara yang segar .

6. Memilih jepit rambut
Dalam penataan rambut berjilbab atau berkerudung menjadi mudah, walaupun rambut agak panjang maka ikatlah rambut anda dengan pengikat / penjepit rambut dari bahan plastik dan bahan karet, janganlah memakai penjepit / pengikat rambut dari  bahan logam maka akan membuat rambut anda patah-patah dan cepat rontok  

7. Konsumsi makanan rendah lemak
Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.
Konsumsi sayuran dan buah yang kaya akan vitamin C untuk regenerasi sel-sel rambut dan kulit kepala.

8. Istirahatkan rambut
Jika anda tidak sedang mengenakan jilbab, sebaiknya Anda mengistirahatkan rambut dengan membiarkan tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut Anda untuk bernapas dan terurai bebas, selain lebih segar, mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan  dan munculnya ketombe.

9. Keramas teratur
Rutinlah keramas secara teratur dua hari sekali / 3 hari sekali dengan memakai atau mengenali shampoo yang tepat untuk jenis rambut anda agar hasilnya maksimal. Menjaga kebersihan dengan baik bisa memperkecil resiko kerusakan kulit kepala dan rambut Anda.


10. Rajin menyisir rambut
Rajin menyisir rambut1 (3 x dalam sehari). Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut


Informasi di atas dapat anda praktekkan sesuai dengan naluri anda, biar rambut ada tidak mempunyai permasalahan yang serius yang bisa menjadikan rambut rontok, berketombe, kulit kepala gatal dan permasalahan yang lain, jika anda sudah mempraktekkan seperti di atas tapi masih punya masalah pada rambut anda, maka hubungi dokter kulit rambut terdekat.  Semoga informasi tentang cara merawat rambut berjilbab ini dapat berfaedah serta berguna teristimewa untuk wanita yang gunakan kerudung atau jilbab modern sekarang.  Aammmiiinnn.


Cara Merawat Rambut yang Berjilbab 
secara sederhana dan tidak Mahal

Kesehatan, perawatan

Tidak ada komentar: